Langsung ke konten utama

Liburan ke Letung Jemaja Anambas 3 Hari Kemana Aja ?

Kepulauan Riau ( KEPRI) merupakan salah satu provinsi yang memiliki ratusan pulau didalamnya, Ada kota Tanjungpinang yang menjadi Ibukota Kepri dan Batam sebagai kota Industri yang perkembangan kotanya sangat pesat.

Ada juga Kepulauan Anambas yang memiliki keindahan alam laut yang sangat indah. Namun sayang karena akses menuju Anambas ini belum bisa dibilang mudah dan murah sehingga masih banyak yang bingung bagaimana cara menuju Anambas dan apa saja wisatanya. Disini Aku berbagi sedikit pengalaman saat berlibur ke Letung Jemaja Kepulauan Anambas

susi air tanjungpinang anambas

Cara Menuju kepulauan Anambas ( Letung & Tarempa )

Anambas memiliki ibukota yakni Tarempa. Ada 3 cara mengunjungi Tarempa :

• Menggunakan kapal Fery  Tanjungpinang - Batam -Letung Tarempa, jadwal setiap hari 1x dengan harga sekitar 430ribuan
  • Pesawat Susi Air Melalui Tanjung Pinang - Letung. Jadwal 2x dalam 1 minggu yakni setiap hari selasa dan kamis harga tiket 411ribu/orang. ( jadwal ini sewaktu waktu bisa berubah )
  • Pesawat Wings Air dari Batam ke Letung dengan harga sekitar 1 jutaan, schedule 3 x seminggu ( jadwal bisa berubah sewaktu waktu )

Namun jika menggunakan pesawat kita hanya sampai di bandara Letung, kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan fery Letung Tarempa sekitar 2 jam dengan harga tiket 185rb. Dan kali ini kami hanya singgah di Letung untuk berlibur.

Ke Letung Pake Pesawat Susi Air Lewat Tanjung Pinang Harga Tiket Rp 411.000

Tanggal 23 Mei 2024, jam 9.30pagi Aku dan temanku tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah, kota Tanjungpinang, karena masih pagi jadi kami sarapan dulu dikantin yang ada didalam bandara. Dan ini pertama kali Aku melihat bandara RHF, meski kecil tapi bagus juga, karena ruang tunggunya ada playground anak2, ada dispenser untuk refill air, ada sofa santai, charger stasiun, dan ruang tunggunya dihiasi dinding dari kaca2 disekelilingnya sehingga membuat kesan yang mewah.

Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang

Transportasi Dari Bandara Letung Menuju Kota Letung Jemaja

Ketika Aku dan temanku sampai di Bandara Letung, kami sedikit kaget, karena bandaranya kecil dan sepi. Saat pesawat kami sampai ternyata ya wisatawannya hanya kami ber4. Selain itu warga Letung itu sendiri.

Kami juga kebingungan mencari taxi, karena untuk jadwal pesawat susi air, jadwal taxi ditiadakan karena penumpang sedikit, tapi jika pesawat wings atau batik bisa jadi ada taxi, karena penumpang lebih ramai. Namun kita bisa minta bantu petugas bandara untuk mencarikan ojek untuk mengantar kita ke kota,

Bandara Letung Anambas

pesawat perintis susi air

Syukur saat itu temanku jack ada kenalan jadi dia dapat bantuan taxi untuk menjemput dan mengantar kami ke kota, dengan biaya 100rb/orang. Kami ber4 ya jadi 400rb, kami diantar sama penginapan.

Sewa motor 100rb / hari di Letung Jemaja

Karena transportasi di Letung sangat susah bahkan tidak ada, sehingga masyarakat disini menyewakan motornya untuk para wisatawan dengan harga 100rb/hari dengan jenis motor Beat. Dan untuk bensin kita bisa beli di toko2 dengan harga perbotol mineralnyg besar itu seharga Rp. 18.000

Nginap di Jemaja Island Natural Sea Resort

Lokasi resort Jemaja ini dekat dengan pelabuhan fery Letung, sehingga jika mau kepelabuhan cukup jalan kaki saja udah sampai, paling 4 menitan. Harga perkamar mulai 400ribuan dengan fasilitas ada AC disetiap kamar, bahkan untuk kamar yang memiliki balkon di harga 500ribuan saja bisa untuk 3 tamu.

jemaja island natural sea resort
jemaja sea resort
Pelataran jemaja sea resort

Teras jemaja sea resort

jemaja island natural sea resort
jemaja sea resort

pelataran jemaja sea resort

Untuk viewnya masyaallah indah sekali disini, pemandangan laut yang berwarna hijau dan airnya jernih, sampai sampai kita bisa melihat Penyuk dan ikan ikan kecil yang sedang berenang. Tak heran Anambas memang dijadikan surga bagi pecinta snorkling maupun Diving, memang seindah itu laut dan biotanya.

Untuk detail penginapan Jemaja Island Natural Sea Resort ini, bisa kalian baca  disini ya.

Liburan di Letung Jemaja Kemana Aja ?

Saat sampai di Jemaja Island Natural Sea Resort jam sudah menunjukkan pukul  3 sore, dan kami memilih untuk istirahat saja hari ini dikamar, sembari menikmati keindahan viewnya.

Namun keesokan hari, pagi pagi jam 7 kami sudah keluar resort untuk mencari sarapan dikota Letung. Aku cukup kaget, karena Letung ini kecil sekali kotanya, bahkan untuk mencari supermarketpun tidak mudah, dan akhirnya kami kepasar letung, disinilah kami baru menemukan tempat untuk sarapan, minimarket dan pasar basah. Aktivitas warga semua terpusatkan di area pasar ini.

Sarapan Lontong dan Nasi Lemak Yang Enak di Pasar Letung.

Setelah memarkirkan motor, Aku dan teman2 berjalan kaki sembari mencari tempat untuk sarapan, satu persatu kami melihat dimana ya ada pengunjung yang cukup ramai. Dan akhirnya, bertemulah kami dengan sebuah kedai yang menjual sarapan Nasi Lemak, Lontong dan Bubur Ayam, kami melihat ada beberapa bapak bapak yang sedang menikmati kopi dan sarapan. Kamipun masuk ke Kedai ini, dan memesan Nasi Lemak dan Lontong.

kedai sarapan di letung anambas
Kedai Sarapan di Pasar letung Jemaja

nasi lemak di kedai pasar letung
Nasi lemak yang gurih di pasar letung

Kami senang sekali menemukan kedai ini, ternyata Lontong dan Nasi Lemaknya enak, trus kedainya juga bersih, ditambah kaka yang jual juga ramah, paket complete deh, perut kenyang hati senang, dan untuk harga mungkin sekitar 20ribuan, karna untuk 4 porsi dengan minum sekitar 95rb.

Tujuan Pertama Air Terjun Neraja di Ulu Maras Jemaja Timur

Air Terjun Neraja terletak di Pulau Jemaja Kepulauan Anambas tepatnya di Desa Ulu Maras kecamatan Jemaja Timur. Jika dari kota Letung, Air Terjun Neraja bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam, baik menggunakan mobil maupun motor, tapi menurutku lebih asik menggunakan motor, lebih bisa menikmati keindahan view bukit bukit disepanjang jalan perjalanan.

Memasuki pintu gerbang wisata air terjun Neraja, kita udah disambut dengan suara gemuruh air terjun, mungkin kami saat kesana sedang dalam keadaan beruntung, karena debit airnya sangat banyak, bahkan arusnya deras sekali dari atas batu.

Terlihat jelas beberapa toilet yang berjejer, gazebo dan beberapa kolam renang, namun sayang dibulan Mei 2024 ini, kondisi toilet sudah tak terurus, gazebo ada hanya saja kotor, bahkan Aku melihat ada sajadah juga di gazebonya, namun ini tak mengurangi keindahan air terjunnya.

Sungguh Aku takjub dengan air terjun Neraja ini, indah sekali, apalagi hawanya sejuk dan sangat menyegarkan. Sehingga membuatku tak tahan untuk segera membasahkan diri disana. Wow, bahagia sekali Aku gaes, hingga tak terasa kami berada disini hampir 2 jam.

kolam penampungan air terjun Neraja
air terjun neraja ulu maras letung
Berendam dulu gaes, biar segar

Menuju Air Terjun Neraja harus menggunakan kendaraan pribadi ya gaes, karena kendaraan umum tak ada disana, kami menggunakan google maps untuk mencapai lokasi, namun sesekali bertanya juga pada warga yang kami jumpai selama perjalanan.

HTM  wisata Air Terjun Neraja adalah GRATIS

Pantai Padang Melang Jemaja.

Aku rasa Pantai Padang Melang yang berlokasi di Jemaja ini sudah terkenal keindahannya, sampai sampai mentri pariwisata mempromosikannya dengan membuat festival Padang Melang, acara ini digelar tentu saja untuk menjadi ajang promosi keindahan Letung Jemaja Kepulauan Anambas.

Jarak Pantai Padang Melang dari kota Letung hanya 25 menitan saja, dan jalannya juga udah bisa diakses menggunakan mobil dan motor, lagi lagi memang lebih asik pake motor menurutku, karena viewnya disepanjang jalan begitu cantik.

gazebo di Pantai Padang Melang Jemaja

Pantai Padang Melang yang Indah

Pengunjung yang menyewa kano

jejak #sarahjalan di Pantai Padang Melang Jemaja

Area pantai Padang Melang sangat luas dan panjang sekitar 7.2km, jadi rasanya tak mungkin berkeliling dengan jalan kaki, capek pastinya gaes, jadi Aku hanya bermain didekat2 keramaian orang saja.

Apa Saja Yang Ada di Pantai Padang Melang ?

Kantin, di Pantai Padang Melang tersedia kantin, sehingga tak usah takut kelaparan, ada mi tarempa, nasi dan lauk pauk, mi goreng dan masih banyak lagi, dengan kisaran harga 25 ribuan, minuman dengan harga kisaran 8 ribuan. Trus disepanjang pantai juga mulai banyak rumah penduduk jadi gak bakalan takut kesepian disini.

Home Stay,  Buat yang betah dengan keindahan pantai Padang Melang, dan pengen bermalam disini, ada loh Home Stay yang berada di samping kantin, harganya lumayan terjangkau yakni Rp 250.000/ kamar.

Kano, Untuk Kano juga tersedia didepan pantai, dan ini bisa kita sewa dengan harga Rp 20.000, selama tamu tidak ramai kita bisa main sepuasnya, namun jika penyewa sedang ramai, bisa jadi diberikan waktu untuk penggunaannya.

Pelabuhan Fery Menuju Tarempa, Disebelah Pantai Padang Melang, ternyata ada pelabuhan fery menuju Tarempa, namun schedulenya berdasarkan kedatangan pesawat dari Batam menuju Letung ya, diluar itu Fery tidak akan sandar di Pelabuhan Padang Melang.

HTM Pantai Padang Melang adalah GRATIS

Pantai Kusik Jemaja

Pantai Kusik terletak di sisi selatan Pulau Jemaja, kabupaten Kepulauan Anambas, Lama perjalanan hanya 30 menit dari kota Letung, Jalan menuju pantai kusik sangat bagus kok, sehingga bisa dilewati dengan mobil maupun motor, tapi lagi lagi menggunakan motor jauh lebih asik, karena udara disini bersih dari polusi. Oh iya, kita juga bisa melihat sapi2 yang ada ditepi jalan loh gaes, baik saat menuju Air terjun Neraja, Pantai Padang Melang, maupun Pantai Kusik. Sepertinya banyak penduduk Letung yang beternak sapi.

Sesampainya di Pantai Kusik, kita akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah, air yang  jernih. dan disini terdapat pula jembatan panjang menuju ketengah laut tempat orang menyandarkan kapalnya dan memancing. Duduk dijembatan panjang ini saat sore hari adalah waktu yang tepat, karena selain tak kepanasan, kita juga bisa melihat ikan2 dan terumbu karang didalam laut yang bisa kita liat dari atas jembatan karena airnya jernih.

Pantai Kusik Jemaja Anambas
Pantai Kusik Jemaja Letung Anambas

Pasir putih dipantai juga sangat lembut, duuh memang bikin betah sih berada di Pantai Kusik, sayangnya kami kemaren udah terlalu sore sampainya, sehingga kami buru buru pulang, takut kemalaman dijalan.

Pantai Kusik berada ditengah2 rumah penduduk, jadi sebisanya beramah tamahlah dengan mereka saat kita datang.

rumah penduduk dipantai kusik jemaja
rumah penduduk didepan pantai kusik jemaja

HTM Pantai Kusik adalah GRATIS

Untuk 1 hari ini kami sudah bisa menjelajahi 3 tempat wisata di Letung Jemaja Anambas, dan sebenarnya kami ingin melanjutkan wisata dimalam hari, sayangnya Letung begitu gelap kalo malam, lampu penerangan jalan juga tidak memadai, sehingga kami memilih untuk pulang ke resort saja untuk istirahat.

Hari Ketiga Pengen Kulineran Tapi Gak Ketemu Yang di Cari

Hari ketiga, kami hanya berkeliling mencari kuliner untuk oleh2 pulang esok hari, kami ingin mencari kopi susu es tapi tak ada, mencari bakso dan sosis bakar juga tak ada. Yang ada hanyalah Kerupuk yang terbuat dari ikan tongkol, dan juga kue bangkit. Setelah oleh2 dapat, kami kembali ke resort dan memilih menghabiskan waktu dengan snorkling didepan resort, dan nongki di restaurant resort, karena malam harinya ada live music.

Snorkling di depan resort

Andai saja kami tau, bahwa wisata di Letung Jemaja ini bisa ditempuh dalam 1 hari, mungkin kami lebih memilih melanjutkan perjalanan ke Terempa, yang merupakan ibukota Kepulauan Anambas, di keesokan harinya.

Tapi ya sudahlah, yang jelas kami puas dengan liburan kali ini, karena kami sudah membuktikan bahwa Anambas memang cantik  alamnya :)

Minggu Pagi Tanggal 26 Mei 2024 Pulang ke Batam Naik Kapal Fery Perjalanan 7 Jam

Karena jadwal pesawat hanya hari selasa dan kamis, makanya kami memilih pulang ke Batam hari minggu, Jam 9 pagi kamipun berangkat dari Letung, dan tiba di Batam sekitar jam 4 sore, hufff pegel2 badan ei.

Kapal dari Tarempa menuju Letung- Batam- Tanjungpinang

Para pedagang yang berjualan jika ada kapal yang sandar

oh iya jadwal kapal tiap hari ya, dengan tujuan Tanjungpinang- Batam- Letung- Anambas, dan Pulangnya Tarempa- Letung- Batam - Tanjungpinang, dengan harga sekitar Rp 430.000 dari Batam.

Biaya2 pasti : Rp 1.450.000

Dari Batam Naik Fery ke Tanjungpinang Rp 80.500/ orang

Dari Pelabuhan Sri Bintan Pura menuju Bandara RHF pake taxi pelabuhan Rp 120.000 /4 = Rp 30.000/orang

Tiket pesawat Tanjungpinang - Letung  Pake Susi Air Rp 411.000 / orang

Biaya Taxi Dari  Letung ke Resort Jemaja Rp 100.000 / orang

Sewa motor per hari Rp 100.000 x 2 hari  /2 orang= Rp 100.000/ orang + bensin 36rb

Biaya penginapan 1.000.000 utk 2 hari / 4 = Rp. 250.000/orang

Tiket Kapal Fery Letung - Batam = Rp 430.000 / orang

Untuk jajan dan oleh2 bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya gaes, dan tentunya dari Batam ke Letung lebih murah melalui kota Tanjungpinang dari pada lewat Batam.😀

Contact Sewa mobil dan motor Siska / Givand wa : 0852 7208 5085

Contact sewa penginapan :  Ibu Naila : wa  0838 7677 4920

Contact no jual tiket kapal Fery : Ayong  : wa 0813 8834 9514

Contact pesan tiket Susi Air : Wa : 0811 2113 090 & 0811 2113 080

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b